Thursday, February 14, 2013

Pelopor Band Indie di Indonesia

"kita hidup terpaku dogmatis dogmatis usang yang janggal
tanpa pernah dapat penjelasan kenapa jadi sebuah aturan
kita selalu jawab "iya..!"
kita tercetak jadi penjilat".

Apakah kalian familiar dengan penggalan lirik diatas? Yup, itu adalah penggalan lirik lagu yang berjudul 'Dogma' dari Pelopor Group Band Indie di Indonesia yaitu "PAS" band. 'Dogma' adalah salah satu lagu yang terdapat dalam mini album yang diproduksi secara Indie Label oleh 'SAP Music Management' pada tahun 1993. Pada mini album yang diberi nama '4 Trough The Sap' ini memiliki empat lagu yang top-markhotop didalam nya, kenapa saya bisa bilang begitu? Karena hanya dalam waktu 3 bulan saja mini album ini dapat terjual lebih dari 10.000 copy, sangat fantastis untuk hitungan grup band yang hanya menggunakan label bertaraf indie pada masa itu.

Formasi awal PAS band
(Richard, Trisno, Yukie, Bengbeng)
Grup band yang lahir di kampus Unpad ini memulai kariernya dari panggung-panggung underground, dan berdiri secara resmi pada akhir tahun 1992 dengan formasi awal Bengbeng (gitar), Trisno (bas), Richard Mutter (drum), dan Yukie (vokal). Dengan hasil penjualan mini album '4 Trough The Sap' yang sangat fantastis membuat Aquarius Musikindo membeli dan memproduksi kembali album tersebut. Dan tidak main-main Aquarius Musikindo pun menggandeng PAS untuk album ke-dua mereka yang diberi judul 'In (No) Sensation' bahkan hingga album mereka yang sekarang.


Pada album ke-empat 'Psycho ID' tahun 1998 sang drummer Richard Mutter mengundurkan diri dari PAS tepat setelah tour album 'Psycho ID' ini berakhir. Pengunduran diri Richard Mutter tidak menjadikan teman-teman PAS berhenti untuk terus berkreasi dalam dunia musik Indonesia, ini terlihat dengan kesungguhan mereka dalam menggarap album ke-lima mereka yaitu 'Ketika...'. Dan pada album ke-enam '2.0PAS resmi menggandeng Sandy Andarusman (mantan U'Camp) untuk menggantikan posisi drummer yang kosong dan menjadikannya sebagai drummer tetap band mereka, karena Sandy telah mendampingi PAS selama pembuatan album 'Ketika...' sampai sekarang.

Formasi baru PAS band
(Bengbeng, Yukie, Sandy, Trisno)
Diskografi

  1. 4 Through The Sap (1993)
  2. In (No) Sensation (1995)
  3. indieVduality (1997)
  4. Psycho I.D (1998)
  5. Ketika... (2000)
  6. PAS 2.0 (2002)
  7. Stairway to Seventh (2004)
  8. The BeAst of PAS (2006)
  9. Romantic...Lies...and Bleeding (2008)

0 comments:

Post a Comment